Kulit segar tampil maksimal

Apapun warna kulitmu, kamu bisa menjadikannya lebih cerah dan bersinar. Kulit yang cerah dan sehat bisa bikin penampilanmu semakin menarik. Percaya dirimu pun meningkat. Caranya juga tidak sesulit yang kamu bayangkan, kok.

Pertama-tama kamu harus mengetahui dulu beberapa penyebab kulit kusam dan menghindarinya. Ada banyak kebiasaan sehari-hari yang tanpa disadari bikin kulitmu terlihat kusam, seperti:

  • Kurang tidur atau selalu tidur larut malam.
  • Terlalu banyak mengonsumsi junk food.
  • Paparan polusi udara, debu, asap kendaraan.
  • Malas membersihkan sisa makeup atau malas mandi.
  • Terlalu lama berendam di kolam.

Selanjutnya, yuk ubah kebiasaan kamu demi kulit lebih cerah dan sehat. Lakukan ini:

  1. Cukupi kebutuhan tidurmu. Saat tidur, tubuhmu akan meregenerasi sel-sel, termasuk sel kulit dari dalam. Jika tidurmu kurang, regenerasi yang dilakukan tidak akan maksimal, kulitmu pun jadi kurang segar.
  2. Ganti menu harianmu lebih sehat. Masukkan alpukat, kiwi, sayuran berwarna hijau tua, wortel, tomat, hingga salmon, mackerel, dan almond dalam menu harianmu.  Ganti juga kopimu dengan teh hijau ya karena studi di tahun 2011 yang dilansir Harper’s Bazaar mengatakan konsumsi teh hijau sekali sehari selama 12 minggu bisa meningkatkan elastisitas kulit dan mengurangi kerutan. Dua hal yang bikin kulitmu terlihat lebih cerah dan bercahaya.
  3. Buat masker sendiri yuk. Bahannya hanya bengkuang ukuran kecil. Parut dan oleskan pada wajah. Bengkuang mengandung Vitamin C yang mampu mencerahkan kulit. Rasanya yang adem pun bisa menyegarkan dan melembapkan kulitmu.
  4. Bersihkan peralatan makeup kamu secara rutin. Brush dan spons makeup kamu menyimpan kotoran dan bakteri yang bisa merusak kulit jika dibiarkan. Jangan lupa, yang tidak kalah penting adalah bersihkan selalu wajahmu dengan sabun pembersih wajah. Untuk perawatan kulit tubuhmu, mandi dua kali sehari ya.
  5. Lakukan scrubbing. Di bawah usia 20 sel kulitmu akan berganti setiap 28 hari. Di usia 20-an pergantian sel kulit mulai melamban, hingga di usia 30-40 sel kulitmu bisa berganti setiap 40 hari. Jika tidak diangkat, sel kulit mati ini dapat membuat  kulitmu terlihat kusam. Scrubbing bisa mengangkat sel kulit mati sehingga kulit terlihat lebih cerah. Lakukan dua-tiga minggu sekali cukup kok.
  6. Pilih produk perawatan kulit yang tepat. Sesuaikan dengan jenis dan kondisi kulitmu. Hindari produk yang mengandung pemutih berbahaya. Hindari produk dengan kandungan merkuri yang dapat mengancam sistem saraf dan hidrokinon karena bisa mengakibatkan hiperpigmentasi. 


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cegah Kulit Kering di Musim Hujan

Perawatan Wajah yang Bikin Glowing

Trik agar bedak lebih awet