Kulit halus tanpa polusi

Kulit halus, segar, dan sehat dapat kamu miliki dengan menjalani gaya hidup sehat. Menjaga pola makan dan rajin merawat kulit dengan teratur. Tetapi jangan lupa, ada lho faktor lain yang tanpa kamu sadari mempengaruhi kondisi kulit setiap hari. Polusi!

Kulit adalah lapisan paling luar dari tubuh manusia. Kulit pulalah yang terus menerus mendapatkan kontak langsung dengan polusi udara. Contohnya, saat kamu menunggu bis di halte, jalan ke kampus atau ke tempat kerja, hingga menyebrangi jalanan sehabis belanja,  kulitmu terus menerus terpapar polusi udara yang dihasilkan oleh kendaraan bermotor, asap rokok, dan debu. Seramnya, polusi tidak hanya ada di tempat terbuka saja, karena ternyata pendingin ruangan dan produk-produk pembersih pun turut mengeluarkan polusi.

Yang membuat polusi sangat berbahaya untuk kulit kita adalah radikal bebas yang terkandung di dalamnya. Radikal bebas itu sendiri adalah molekul reaktif yang mampu menyerap oksigen dari sel kulit dan menghambat produksi protein dan kolagen. Ini menyebabkan kulit terlihat kering, kusam, dan berkerut. Selain memperburuk kondisi kulitmu, terlalu sering terpapar radikal bebas juga dapat menggangu produksi hormon, menyebabkan menopause dini, gangguan jantung, dan bahkan kanker.
Untuk melawan polusi, ada beberapa hal yang dapat kamu lakukan.


  1. Lawan dari dalamWalaupun polusi itu tidak bisa dihindari, kamu bisa kok melawan efek buruk polusi dengan memakan makanan yang mengandung antioksidan. Menurut daftar ORAC (Oxygen radical absorbance capacity) yang dibuat oleh National Institutes of Health (NIA) di Amerika, berikut adalah beberapa makanan yang mengandung kandungan antioksidan yang tinggi: blueberry, paprika, asparagus, kacang almond, apel dan stroberi. Psst! Dark chocolate juga masuk di daftar lho!
  2. Kenakan maskerKetika beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa kenakan masker untuk melindungi diri dari efek buruk polusi. Untuk pilihan masker, kamu bisa menggunakan masker bertipe N95 yang mampu menyaring lebih dari 95% partikel di udara. Sementara untuk kamu-kamu yang lebih sering beraktivitas di dalam ruangan, kurangi polusi dan perbaiki kualitas udara kamu dengan menggunakan air purifier atau menggunakan cara alami seperti menanam tanaman penyerap polusi seperti palem kuning atau palem bamboo.
  3. Lindungi kulit dari luarGunakan produk perawatan kulit yang akan melindungi kulitmu dari polusi, seperti Natural Honey Antioxidant yang kaya akan kandungan antioksidan yang dapat melindungimu dari efek buruk polusi, menetralisir radikal bebas, dan mencegah kerusakan sel.  

Tunggu apa lagi? Yuk, buktikan sendiri manfaatnya!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cegah Kulit Kering di Musim Hujan

Perawatan Wajah yang Bikin Glowing

Trik agar bedak lebih awet